Sebuah Pilihan Masuk Pesantren

Setelah anak lulus dari sekolah dasar (SD) biasanya orang tua ada yang menginginkan anak sekolah di negeri, swasta dsb. Namun terkadang orang tua juga ingin anak itu berada di sekolah dalam lingkup pesantren. Jika mereka dirumah selalu ada dampingan langsung dari orang tua, maka di pesantren anak akan belajar mandiri tanpa orang tua kandung. Tujuannya adalah supaya anak bisa belajar berfikir sendiri dalam menghadapi masalah kehidupan di masyarakat nantinya.

Pendidikan yang diterapkan di pesantren tidak sama dengan yang di rumah. Jika di rumah mereka belajar terkadang menunggu suruhan dari orang tua, di pesantren anak akan belajar sendiri dengan teman-teman lainnya. Aktivitas dirumah banyak pengangguran daripada di pesantren.

Dengan kemauan anak-anak di Indonesia disekolahkan di pesantren. Maka, seakan-akan, mereka bisa terhindar dari hal-hal yang terjadi di kalangan anak-anak saat ini.

Mengantisipasi dari kejadian yang telah terjadi saat ini terhadap anak di Indonesia. Pesantren adalah salah satu tempat untuk mengantisipasinya. Meskipun anak berada di rumah tapi orang tua tidak pernah membimbing mereka ,maka lebih baik anak itu berada di pesantren. Orang tua bisa lebih tenang jika anak ingin sekolah di pesantren, karena orang tua sudah menitipkan anak kepada pihak pesantren. Serta kehidupan didalam pesantren membuat anak bisa berkarya dan berimajinasi sesuai kebutuhan mereka.

Sekolah di pesantren seakan menjadi hal yang wajib bagi anak-anak Indonesia. Karena ketika di pesantren anak ingin belajar mengaji, membaca , menulis dsb. Semua keinginan mereka di pesantren pasti tercapai. Daripada anak-anak disekolahkan dekat dengan rumah.

Selain daripada itu di pesantren tidak hanya diajari tentang spiritual saja, juga mempelajari tentang sosial, ekonomi, politik dsb. Namun hal paling utama, setelah anak lulus dari pesantren, pertama kali ilmu yang akan mereka terapkan yaitu cara sikap mereka ketika sudah terjun di masyarakat nantinya.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *