Proyeksi Pendidikan di Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon

“Berikan perubahan untuk negeri, dengan membangun generasi yang berpendidikan tinggi, berwawasan luas, dan berfikir global serta memiliki kemandirian” – KH. Imam Jazuli, Lc., M.A

Pesantren yang diemban oleh Ayahanda KH.Imam Jazuli memiliki visi dan misi yang berbeda di mana sekolahan SMK pada umumnya hanya melanjutkan siswa siswinya setelah keluar sekolah dicetak untuk menjadi buruh dan pegawai dalam negeri karna sesuai jurusannya tapi sekolah SMK Bina Insan Mulia berbeda.

Jurusan Broadcast pertelevisian dan perfilman, teknik komputer jaringan dan keperawatan adalah 3 jurusan yang di miliki SMK pesantren bina Insan mulia. Yang menarik lulusannya mayoritas melanjutkan studi ke universitas luar negeri, baik timur tengah maupun eropa, dan salah satu negara/kampus tujuan di timur tengah paling pavorite adalah universitas al-azhar mesir, dari kelas 3 angkatan tahun ini ada 96 santri yang memilih melanjutkan ke al-azhar Mesir.

Inikan sebuah “keanehan” yang ajaib, sekolah mereka disini belajar bidang umum tapi minat melanjutkan kuliah di universitas al azhar mesir yang bonafit di bidang khazanah islam/keagamaan, saking banyaknya peminat ke uversitas al-azhar, sudah beberapa tahun ini pesantren kami membuka kelas khusus persiapan ke univ al- azhar, sehingga selama satu tahun di kelas 3 mereka digembleng dengan pembelajaran bahasa arab dan kurikulum al azhar plus mengikuti studi bahasa arab secara online di pusat studi bahasa arab (pushiba) milik al azhar mesir, maka secara otimatis mereka telah diterima al azhar mesir ketika sudah mendapatkan ijazah pushiba di kelas 3 ini.

Bukan Hanya Al-azhar yang menjadi favorit siswa-siswa, ada negara turkey juga yang yang menjadi referensi siswa-siswi dalam kuliah keluar negeri dan banyak pula peminatnya ada yang jalur beasiswa dan non beasiswa bahkan Angkatan pertama yang kuliah ke negara turkey hampir 50% siswa yang melanjutkan ke negara tersebut, sudah menjadi tradisi, Pesantren Bina Insan Mulia selalu mengirimkan santri-santri terbaiknya untuk melanjutkan study ke Universitas-universitas ternama di Luar Negeri.

Hingga akhir tahun 2020 ini, tercatat ratusan Alumni Pesantren Bina Insan Mulia tersebar di universitas-universitas bonafit luar negeri seperti Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir, Istambul University of Turkey, Bandirma university of turkey, Suleyman Demirel university of Turkey. Ankara university of Turkey, Uludag University of Turkey, Internasional islamic university of Afrika, Sudan, Rajamangala univeraity Thailand, Sultan Qobus university of Oman dan univeraitas lain dibelahan dunia.

Kenapa Harus Kuliah di Luar Negeri?

Memang banyak sekali manfaatnya ketika kita belajar di luar negeri. Saya merasa tersanjung sekaligus bangga. mereka mampu meraih pendidikan di luar negri baik jalur beasiswa atau non beasiswa. berikut adalah keuntungan ketika kuliah di luar negri.

  1. Kedewasaan

Terlepas dari lokasi manapun di dunia yang kalian pilih untuk mendapatkan pengalaman hidup di luar negeri, kalian akan bertambah dewasa secara mental setelah ini. ini mungkin merupakan pelajaran terbaik yang dapat kalian peroleh ketika tinggal di luar negeri. Kedewasaan dan kebebasan yang kalian alami akan membuat kalian mahir untuk mengurus diri sendiri dengan lebih baik ketika (dan apabila) kalian pulang ke negara sendiri.

  1. Prospek Kerja

Salah satu keuntungan besar dari belajar di luar negeri adalah betapa bagusnya ini akan Nampak di CV-kalian. dan akan membuat kalian mencolok di mata instansi/perusahaan, terlepas dari pekerjaan apapun yang kalian lamar. Ketika kembali ke negara sendiri, engkau akan lebih diproritaskan di bandingkan yang lain

  1. Percaya Diri

Ini mungkin bukanlah keuntungan terutamuntuk semua orang, tapi siswa yang kuliah di luar negri kepercayaan diri akan tumbuh meningkat. sebab terbiasa bersosialisasi dengan banyak orang dari berbagai genre serta personal branding yang kuat, membuat kalian semakin confident.

  1. Pergaulan Tingkat Global

Kalau kalian pernah mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri, Kamu pasti akan berteman dengan mahasiswa / mahasiswi tingkat internasional.

  1. Uang itu Penting

Berusaha mengatur budenganet merupakan salah satu yang harus kalian pelajari ketika di luar negeri. kalian akan pintar mengatur budenganet keuangan sendiri.

  1. Apresiasi

Apresiasi dan reward dari orang- orang disekitar kalian akan menjadikan semangat hidup kalian menggebu. meraih cita – cita setinggi bintang bukanlah hal yang sulit

  1. Mencari Jati Diri

Bahkan travel blog yang pernah saya baca pun berkata bahwa traveling merupakan satu-satunya cara untuk mencari jati diri. Dan ada suatu kebahagiaan yang unik yang hanya dapat kalian peroleh ketika kalian dapat membaurkan diri dengan budaya lain. Belajar di luar negeri termasuk caranya.

  1. Etos Kerja

Belajar di luar negeri akan meningkatkan etos kerja. karena hidup di negara lain, akan tumbuh kedisiplinan dan manajerial waktu serta strategi kerja dengan baik.

  1. Inspirasi

Akan banyak inspirasi briliant. ide2 briliant yang membuka wawasan kamu. jika kalian belajar di luar negri.

Semoga kedepan mereka menjadi para ulama, kyai, tokoh masyarat, birokrat, legislatif, pengusaha dan civitas akademik yang handal dan membangun bangsa ke arah yang lebih baik.

(Jamaludin Yusuf) #SantrineKHImamJAzuliLcMA

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *