Pesantren Amanatul Ummah dalam Mewujudkan Cita-Cita Luhur Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Oleh : Ahmad Nizar Zuhdi Al-Hakimi

Pesantren sendiri menjadi peran penting untuk bangsa Indonesia dalam mewujudkan kemerdekannya

Seperti yang kita tahu dalam sejarah pesantren berdiri sebelum cikal bakal bangsa Indonesia merdeka hal ini dapat kita lihat dalam film sang kiai yang disutradarai Rako Prijanto . bangsa Indonesia merdeka tidak lepas dari perjuangan para kiai dan para kaum sarungan yang bersikeras dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia

Banyak pesantren yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari ancaman pasukan kolial .

Salah satunya pesantren Amanatul Ummah ,Pesantren Amanatul Ummah berdiri tidak lain berkat doa ayahanda kyai asep beliau juga seperjuangan dengan hadaratusyikh kh hasyim asyari,yai wahab hasbullah ,yai bisri sansuri dalam memperjungkan Nahdatul ulama dan bangsa Indonesia sebagai mana yang di ceritakan yai lazim l.c “ Suatu ketika hadrutasussyaikh K.H Hasyim asyari  ( Pendiri Nahdatul Ulama )

Bertnya kepada yai abdul chalim ( ayahanda Kyai Asep ) ,

Yai kenapa njenegan tidak membuat pesantren saja” Tanya KH Hasyim ayari

Suatu saat anak saya akan membuat pesantren besar ,santri nya banyak dan dari mana mana “ ujar Ayahanda Kyai asep

Namun bentuk seperti apa sih, pesantren mewujudkan nilai kemerdekaan yang di cita citakan oleh para leluhur ?

Pesantren ialah lembaga independen bersifat bebas menentukan kebijaksanaanya secara yang diatur secara mandiri

Merdeka adalah freedom ,freedom berati bebas ,bebas dalam artian bebas menentukan nasib sendiri” kutipan ini disampaikan oleh Prof.Dr. KH. Asep Syaifuddin Chalim,M.A

Dalam Upacara memperingati 76 tahun bangsa Indonesia Merdeka.

Hal ini juga ditekankan   yai Asep  jika dulu para pahlawan berusaha memperjuangkan kemerdekaan kita sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya mempertahankan dan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hal ini berkesinamabungan dengan Visi Misi  dan Tujuan  Peruntukan Santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah.

Visi  Misi Pondok Pesantren Amanatul Ummah ialah

Terwujudnya manusia yang unggul,utuh dan berakhlaqul karimah guna kemulyaan dan kejayaan islam dan kaum muslimin ,kemulyaan dan kejayaan seluruh bangsa Indonesia dan untuk terwujudnya cita cita luhur kemerdekaan yaitu terwujudnya kesejahteraan dan tegaknya keadilan utamanya di negara Republik Indonesia.

Jika kita memaknai visi secara Bahasa tentunya secara gambalang dan jelas bahwa Pesantren Amanatul Ummah menginginkan dan mewujudkan Negara Republik Indonesia yang masyarakatnya sejahtera,adil dan Makmur namun tidak sekedar itu harus diupayakan oleh manusia manusia yang beriman dan memiliki akhalaqul kharimah mereka meraka ialah santri santri sebagai generasi penerus bangsa.

Baca Juga:   Pendekatan Psikologi Teori Trans-Personal: Kekuatan Pembacaan Ayat Kursi

Guna mengupayakan visi terwujud yakni dibuatlah misi sebagai berikut  :

Melaksanakan sistem yang berlaku di Lembaga Pendidikan Unggulan Amanatul Ummah secara ketat dan bertanggung jawab ,ketat dalam pelaksanaan ,bertanggung jawab dalam keberhasilan.

pemrosesan di Lembaga Pendidikan Amanatul Ummah dilaksanakan secara ketat dan bertanggung jawab sebagai mana pesan abah yai untuk santri santrinya “ Disiplin pangkal pandai dan keberhasilan ,tidak disiplin pangkal kebodohan dan kegagalan. Hal ini bukan hanya sekadar omong kosong tanpa bukti nyata dapat dibuktikan nama Pesantren Amanatul Ummah menjadi Pesantren Besar tepatnya di lereng gunung jika difikir itu akan mustahil ?namun berkat kegigihan Kyai asep syaifuddin chalim  dan proses Kedisiplinan.Nama Pesantren Amanatul Ummah  Sudah tersebar di penjuru Dunia, Ribuan santri santrinya .bukan hanya itu alumni nya sudah berkeliber di manca negara.bukan hanya sekedar itu sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh santri santri mulai dari tingkat regional ,nasional maupun di kanca internasional .

 seperti apa sih model tujuan peruntukan santri Amanatul Ummah?

Yang pertama

Menjadi ulama besar yang akan bisa menerangi dunia dan Indonesia .

Yang kedua

Menjadi para pemimpin dunia dan pemimpin bangsanya yang akan senantiasa mengupayakan terwujudnya kesejahteraan dan tegaknya keadilan utamanya di negara republik Indonesia.

Yang ketiga

Menjadi konglomerat-konglomerat besar yang akan berusaha dan bisa memberikan kontribusi maksimal terhadap terwujudnya kesejahteraan bangsa Indonesia

Yang keempat

Menjadi profesionalis yang berkualitas dan bertanggung jawab.

Saya Mengabungkan dengan Teori Otak atik gathuk yang Pas cita cita luhur kemerdekaan akan terwujud  didasari manakala suatu  negara atau bangsa di topang 4 pilar hal ini tepat dengan tujuan peruntukan santi yakni menjadi 4 pilar   (ulama,umara,konglomerat dan para profesionalis) yang nantinya diisi oleh manusia yang memiliki peran penting terutama para santri.

Baca Juga:   Madura Punya Cerita

menjadi ulama atau orang alim ,cendekiawan sehingga ilmu nya dijadikan suatu refrensi dalam segala hal ,

kemudian pemimpin  besar yang memiliki akhlaqul kharimah yang berupaya menjadi peran penting dalam dunia birokrasi dan dan dunia perpolitikan yang sudah seharusnya diisi oleh memiliki adab.tidak sedikit dari mereka yang tersandung korupsi karena tidak didasari oleh akhlaqul kharimah hal ini Ketika kampanye mengelurakan dana besar besaran Ketika menjadi bagian dari dunia birokrasi mereke ingin meraup keuntungan lebih yakni dengan cara korupsi akhalqul kharimah atau niat yang tulus menjadi jalan pertama untuk mengupayakan dan tegaknya keadilan.

Kemudian konglomerat dan para dermawan kaya raya yang harta nya dibagikan ke masyarakat diniatkan untuk sedekah tanpa berharap timbal balik  untuk mewujudkan kesejahteraan negara Indonesia.

dan terakhir sebagai manusia yang berjiwa intelektual memiliki skill yang professional dan berkualitas  serta memiliki bertanggung jawab.

Hal ini tercermin bagaimana kemajuan  pada masa Khulafaur Rasyidin Ketika Abu bakar ash-shiddiq ,umar bin khattab,Utsman bin affan ,ali bin abi thalib  memimpin suatu bangsa.

Sosok Ulama besar dan cendekiawam tercermin pada karakter Abu  bakar ash-shiddiq yakni salah satu sosok berilmu bukan hanya itu beliau juga alim selain itu memiliki kecerdasan lebih dari pada lainya

Kemudian pemimpin  tercermin disosok umar bin khattab ,sosok umar dikenal dengan pemimpin yang pemberani bukan hanya  pemberani namun keras juga tegas saking beraninya menumpas kejahatan berkat keberanianya beliau dijuluki singa padang pasir .

Karakter Syaiddina Utsman bin affan mengambarkan sosok yang paling kaya raya dan namun  dermawan. hal ini mencerminkan konglomerat yang besar yang berkontribusi maksimal untuk kesejahteraan bangsanya

Dan Terakhir sosok Syaiddina Ali Bin Abi Thalib, sosok Ali Bin Abi Thalib mencerminkan manusia yang memiliki skill yang profesionalis dan berjiwa intelektual khalifah ali dikenal dengan kelihainya dalam mengolah kata dan ahli sastra selain itu beliau juga dikenal dengan kepandaian yang tinggi dengan itulah beliau dijuluki pintunya ilmu.

Baca Juga:   Masjid Istiqlal Merupakan Masjid Terbesar Dan Termegah Di Indonesia Yang Dibangun Pada Tahun?

Hal ini yang sangat dicita citakan oleh  Prof. Dr. KH. Asep Syaifuddin Chalim, M.A

untuk  santri amanatul ummah menjadi salah satu pilar dari ke keempat tadi

mungkin seandainya jika setiap santri mampu salah satu dan dapat terealisasikan bukan hanya dapat mewujudkan cita cita luhur kemerdekaan bangsa indonesa yakni maju adil dan Makmur. Namun juga Indonesia yang Gema ripa loh jinawi.

Namun alangkah baiknya jika setiap pribadi manusia mampu menjadi 4 pilar sekaligus ,hal ini sudah dibuktikan oleh kyai asep sendiri beliau bukan hanya sekadar kyai biasa  yang memiliki pesantren namun beliau juga ulama yang mengagas jaringan kyai santri nasional (JKSN ) tidak hanya itu belia juga memiliki relasi dengan guru besar syaikh syaikhdi mesir ,maroko dan sudan tidak hanya itu beliau juga pemimpin dari Badan Otonom Nahdatul ulama yakni Ketua Umum PERGUNU ( Persatuan Guru Nahdatul Ulama ) selain itu beliau sering dijuluki kyai miliarder saking kaya raya nya namun hal yang patut menjadi uswah sikap kedermawaanya beliau yang luar biasa disisilain sosok profesional hal ini dapat dibuktikan kyai asep yang sudah menyandang gelar Profesor .selain itu sikap ketekunan dan keuletan beliaulah yang manjadi idola para santri santrinya .

Pesantren Amanatul Ummah merupakan  contoh permodelan dari ratusan pesantren untuk mewujudkan cita cita bangsa Indonesia

Tentunya masih banyak lagi pesantren rahmatan lil alamin yang tidak bertentangan dengan idiologi pancasila ,UUD 1945 dan Bhineka tunggal Ika guna mewujudkan cita cita luhur kemerdekaan bangsa Indonesia dan mengupayakan kesejahteraan dan tegaknya keadilan bagi Indonesia maju adil dan makmur gema ripah lohjinawi.

Wallahul maufiq ila aqma mithoriq .

Waalahu’alam bishowab.

 

Profil Singkat Penulis :

Santri Jenjang Akhir di SMAU Berbasis Pesantren Amanatul Ummah ,

Lahir dari Rahim ibu dengan penderitaan ,hidup sekali didunia tak ingin merasakan penyesalan.

Besar hati menerima kritik dan saran di surelnya ahmadnizarzuhdi24@gmail.com

 

Share:

Dawuh Guru

Merawat Tradisi, Membangun Peradaban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.