Menjadi Pribadi yang Inovatif

“Siapa yang berhenti dalam berinovasi maka dia telah membunyikan lonceng kematian” KH. Imam Jazuli, Lc., M.A.

3 Hari Yang tepat dan bermakna dalam hidup kita, untuk menggapai kemuliaan dan kebahagiaan hidup manusia, apa 3 hari itu ? yaitu Masa Lalu, Masa Kini, dan Masa Depan.

Masa lalu adalah masa dimana keburukan dan pengalaman hidup yang indah yang pernah kita lalui itu ada, takan terulang Kembali dan hinggap dalam hidup kita, semua pasti merasakan karena itulah rute hidup yang akan terjadi.

Yang namanya mengerjakan sesuatu pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Apagi kalau di masa lalu kita mencoba hal baru yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Tapi sebenarnya kegagalan ini bukanlah hal yang buruk dan sangat wajar terjadi. Orang tidak akan dapat mengkoreksi kesalahannya apabila belum pernah gagal. Dan, orang tidak akan sepenuhnya gagal apabila mereka memperbaiki kesalahan lalu mencoba kembali. Kegagalan yang sebenarnya adalah orang yang berhenti mencoba setelah mengalami kegagalan disaat baru mencoba satu kali.

Inilah paparan di mana kita harus menyikapi masa lalu dengan benar.

  1. MENGHINDARI KESALAHAN YANG SAMA

Kegagalan akan mengajarkan kita untuk menghindari kesalahan yang sama. Bisa saja selama ini kita melakukan hal yang salah tapi berjalan baik – baik saja. Tetapi akan sangat buruk ketika kita menjalankan hal yang sama tersebut di saat yang krusial. Bisa saja disaat itu kita mengalami kegagalan yang sangat besar. Sebelum itu terjadi ada baiknya kita gagal di perkara yang lebih kecil dan menyadari kesalahan kita.

  1. MENCARI SOLUSI YANG LEBIH TEPAT

Dengan mengalami kegagalan dan menyadari kesalahan kita, kita akan memperbaikinya dengan mencari solusi yang lebih baik dan tepat. Solusi ini tidak hanya berguna untuk masalah yang ada sekarang, tapi menjadi bekal juga saat menghadapi masalah di kemudian hari. Kita akan lebih berpengalaman dan bisa mengambil keputusan yang tepat untuk masalah tertentu.

  1. MENYADARI KEKURANGAN DIRI

Kita akan lebih tahu apa yang menjadi nilai lebih kita dan apa kekurangan kita dengan berbagai kegagalan yang pernah kita alami. Kegagalan akan membentuk kita dan membuat kita bisa menentukan apa yang menjadi fokus kita. Kita akan jauh lebih efisien dalam mengerjakan sesuatu ketika kita fokus pada apa yang kita sangat kuasai.

  1. LEBIH BERTANGGUNG JAWAB

Tentunya kita harus bertanggung jawab atas masalah yang timbul dari kegagalan di masa lalu yang kita alami. Pada awalnya tidak akan mudah, kita akan menerima banyak masukan dan kritik, bahkan hujatan. Tapi perlahan kita akan menjadi lebih bertanggung jawab dengan sesuatu yang dipercayakan kepada kita untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terjadi kembali.

  1. MENJADI LEBIH TANGGUH

asa kecewa atau malu pasti kita rasakan saat mengalami kegagalan. Apalagi kalau disertai hujatan dan cemooh dari orang sekitar. Tetapi apabila kita dapat menyikapi nya dengan baik, semua itu justru bisa menjadi kritik yang membangun. Kita akan lebih tangguh dan kuat, serta mencoba terus saat mengalami kegagalan.

  1. BERALIH KE HAL YANG LEBIH BAIK

Setelah gagal berkali – kali di masa lalu kita akan menyadari bahwa mungkin saja apa yang kita kerjakan bukanlah untuk kita. Kita akan belajar melepas dan mencari sesuatu yang lebih baik. Sesuatu yang baru itu justru bisa saja adalah yang paling tepat untuk kita. Karena tiap orang mempunyai keahlian mereka masing – masing. Apa yang bisa dikerjakan dengan sangat baik oleh sesorang belum tentu bisa kita kerjakan. Begitu juga sebaliknya.

  1. MENGERJAKAN DENGAN SEPENUH HATI (IKHLAS)

Kita juga akan belajar untuk lebih ikhlas melepas sesuatu setelah mengalami kegagalan. Walaupun hal itu adalah sesuatu yang sangat kita impikan dan kita percaya bisa lakukan. Tapi, kenyataannya tidak seperti itu. Setelah mengalami kegagalan kita akan melepas hal yang lama dan menggantinya dengan sesuatu yang baru. Setelah melewati tahap itu, kita akan menyadari bahwa terkadang lebih baik melepaskan dan ikhlas agar bisa mendapat sesuatu yang baru, yang mungkin lebih tepat untuk kita.

MASA KINI

Kalu kita bisa ambil pelajaran dimasa lalu pasti kita sukses dimasa kini, kenapa tidak?

Karena dari kegagalan dan keburukan yang telah dia lakukan menjadi sebuah koreksian untuk hidup yang sama dimasa selanjutnya yaitu sekarang masa kini.

Tapi ada orang yang hanya bisa membanggakan masa lalu dimana masa lalu nya sangat indah ataupun telah mencapai kesuksesan disaat itu, dia tidak berfikir bagaimana dengan masa kini apakah yang dia rasakan indah seperti masa lalunya, tidak, kita hidup didunia nyata buka khayalan apa yang kita rasakan sekarang berarti inilah hasilnya yang kita namakan masa kini .

SEBISA MUNGKIN MENGAMBIL HIKMAHNYA

Dimana dia mengerjakan bukan melakukan kesalahan yang sama tapi koresi dan ambilah pelajaran dari setiap kesalahan, dalam sebuah perusahaan selalu melakukan inovasi dan perbaikan untuk konsumennya dan menciptakan yang lebih baik.

MASA DEPAN

Adalah dimana segala kerja keras kita dimasa lalu menjadi buah dimasa yang akan datang yaitu masa depan, masa depan yang indah dan masa depan yang cerah adalah impian bagi setiap orang tapi bagaimana di memperlakukan masa lalunya dan masa kini.

SEMUA ADA SUNATULLAHNYA

Bagaimana seseorang ingin sukses jika dimasa kini tidak melakukan apah-apah, bagaimana orang ingin hidup Bahagia jika dimasa sekarang tidak melakukan perubahan untuk diri sendiri, semua ada sunatullahnya jika sekarang kita bekerja keras dalam mencari ilmu ataupun sesuatu hal tertentu pasti akan mendapatkan buahnya dimasa depan, karna itulah janji allah apa kata pepatah “apa yang kita lakukan sekarang akan berbanding lurus denga napa yang kita dapatkan nanti”

BERKEMBANG DENGAN INOVASI

Prinsip orang hebat bukan dia mengaku anaknya pejabat, birokrat dan petinggi lainya tapi dia yang hebat selagi dia mengaku inilah saya, dengan segala kemampuan dan kekuranganya saya.

Hidup bukan untuk diam dan mendapatkan sesuatu Ketika ada peluang tapi ciptakan peluang itu adalah Sebagian dari hidup untuk berkembang dengan inovasi-inovasi yang selalu ada dan tidak takut untuk melakukan dan memulai. Kita ada karna kita selalu menciptakan hal yang berbeda.

Guru saya KH.Imam Jazuli, Lc.MA mengajarkan kepada muridnya untuk selalu berinovasi dan berkembang dengan bakat-bakat yang ada, munculkanlah dan berani untuk bertindak dan mengambil resiko walaupun berat. Karena kalaw kita baca buku biografi orang sukses semua banyak sengsaranya dan susahnya bukan senang dan Bahagia, dalam lagu bang haji rhoma “berakit-rakit kehulu berenang ketepian, bekerjalah dahulu, berjuanglah dahulu baru kemudian bersenang senang”

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *