Mengambil Sekaligus Menjadi Seorang Teladan

Mengambil Sekaligus Menjadi Seorang Teladan - dawuh guru

Oleh : M. Ibram Syah

Semakin besar rasa Mahabbah kita kepada Allah SWT, semakin besar pula keimanan kita terhadap Allah SWT maka akan senantiasa semakin besar dan banyak pula Amal Sholeh yang dapat kita kerjakan, dan bahwasannya hal tersebut menjadikan kita semakin dicintai pula oleh Allah, dan bahwasannya potensi kita menjadi kekasih Allah SWT semakin terbuka lebar pula. Namun di sisi yang lain Mahabbah terhadap makhluk Allah juga termasuk menjadi mediator kita sebagai hambanya untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan menjadi kekasihnya, termasuk Mahabbah atau cinta kepada Auliyaaillah dan orang-orang Mu’min di sekitar kita. ketika kita memandang bahwa Auliya Allah dan orang-orang Mu’min merupakan makhluk Allah yang mulia yang penuh dengan keberlimpahan nikmat dan barokah dari Allah SWT dengan senantiasa meningkatkan jalinan silaturahmi dengan mereka maka akan senantiasa mengantarkan kita menjadi hamba-Nya yang semakin meningkat iman dan mahabbah kepada Allah SWT, dan kemudian buahnya adalah Allah akan memberikan keberlimpahan belas kasih kepada kita, dan kita akan senantiasa dijadikan oleh Allah sebagai kekasihnya yang penuh dengan belas kasih kepada sesamanya.

Dalam rangka berbuat baik kepada Mu’min misalnya, dengan memberikan atau menjadikan orang Mu’min di sekitar kita merasakan sebuah kebahagiaan dalam hidup maka hal tersebut termasuk sesuatu yang dicintai oleh Allah dan akan mampu meningkatkan Mahabbah dan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Apa lagi kalau kita mampu melakukan berbagai teladan dan sunnah dari para Nabi dan Shohabat maka termasuk sebuah bukti bentuk pembuktian mahabbah kita kepada Allah SWT. Hal hal seperti itulah yang perlu dilakukan dalam membentuk dan mewujudkan sebuah kehidupan di dunia yang lebih berwarna dan penuh dengan ketentraman. Satu hal kecil berupa sebuah kebaikan dan mampu menjadikan lantaran sesama kita merasakan sebuah kebahagiaan yang sering kita lakukan merupakan pundi-pundi amal sholeh yang kita lakukan untuk menghasilkan persaudaraan yang lebih baik dan dengan cakupan yang lebih luas.

Bersilaturahmi dan saling memberikan teladan yang baik kepada orang-orang di sekitar kita juga merupakan bentuk memupuk sebuah mahabbah kita kepada orang-orang yang seiman dengan kita, dan jelas hal tersebut menjadi sebuah instrument mewujudkan kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat. Walhasil dimulai dari memupuk mahabbah tersebut menjadi tabungan kita menuju kehidupan yang abadi, dan tentunya kita senantiasa berharap kelak di akhirat dapat disatukan dan dipertemukan dengan orang-orang yang kita cintai dan mencintai kita. Hal tersebut jangan lantas kita jadikan harapan saja, namun perlu kita usahakan dan kita upayakan sedari sekarang dengan saling mencintai dan berbelas kasih kepada orang-orang di sekitar kita.

 

Ngaji Kitab Syajarotul Ma’arif

Fashlun Fii Mahabbati Auliyaaillahi Wal Mu’miniin

Oleh Bapak Kyai M. Hamzah, S.Pd.I

Kamis, 7 Oktober 2021

Rumah Baca Kolong Langit

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *