Jemaah Haji Gelombang I Terakhir Diberangkatkan dari Madinah ke Makkah Hari Ini

Menjadi haji yang mabrur tentunya merupakan impian bagi setiap umat muslim yang pergi ke Tanah Suci. Namun untuk mencapai ke titik tersebut tidaklah mudah, diperlukan tingkat keimanan dan keikhlasan yang tinggi dari dalam diri masing-masing jamaah.

Jemaah haji Gelombang I terakhir akan diberangkatkan dari Madinah ke Makkah hari ini, yakni Senin, 27 Juni 2022 Masehi atau 28 Dzulqa’idah 1443 Hijriyah. Pemberangkatan ini sudah sesuai jadwal berdasarkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) Tahun 2022M/1443H.

Sampai dengan hari Minggu (26/6), tercatat sebanyak 68.774 jemaah haji sudah tiba di Arab Saudi. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari gelombang I dan II yang masing-masing mendarat di Madinah dan Jeddah.

“Rencana keberangkatan jemaah haji Indonesia gelombang 2, Minggu, 26 Juni 2022 akan diberangkatkan sebanyak 9 kloter dari 7 embarkasi,” kata juru bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin pada Minggu (26/6/2022).

Dijelaskan, 9 kloter dari 7 embarkasi itu adalah BTH: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 457 orang; BPN: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang; 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 820 orang; 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 450 orang; SOC: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang; SUB: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 450 orang; dan UPG: 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 786 orang.

Sebelumnya, guna meningkatkan fasilitas pelayanan pemberangkatan jamaah haji Indonesia ke Tanah Suci, Pemerintah Arab Saudi menyiapkan layanan Fast Track di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Kepala Seksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Keimigrasian Arab Saudi Nuwwaf Alhariki mengatakan setidaknya ada 15 counter yang diperasikan. Dia juga mengatakan bahwa pelayanan ini disambut hangat oleh jamaah haji Indonesia.

“Saya sendiri memperhatikan sistem pelayanan ini dibalas jemaah haji Indonesia dengan senyuman, wajah riang, tidak ada beban dan kesan kelelahan dikarenakan harus menunggu antrian,” katanya di terminal 2F Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (24/6/2022).

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Hilman Latief mengafirmasi kemudahan pelayanan ini. Menurutnya, dari 61.070 jemaah haji yang sudah tiba di Tanah Suci, prosesnya berjalan mudah dan cepat.

“Jemaah telah tiba dengan di Tanah Suci dengan mudah dan prosesnya cepat menuju pintu keluar bandara dengan sistem pelayanan ini,” tuturnya.

Sementara, Kemenag mencatat jemaah haji Indonesia yang wafat per 26 Juni 2022 berjumlah 14 jemaah. Sebagai upaya menjaga kebugaran dan stamina jemaah dalam menjalankan ibadah haji, Kemenag telah menyiapkan fasilitas kesehatan berupa Klinik Kesehatan Haji Indonesia, bertempat di Makkah.

Share:

Dawuh Guru

Merawat Tradisi, Membangun Peradaban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.