Cara Mengelola Uang Gaji 2 Juta

Gaji sebagian besar orang tentu berbeda. Mulai dari yang kecil, menengah, sampai tinggi. Beberapa orang ada yang mendapat kerja gaji 2 juta per bulan. Apakah Anda juga demikian? Jika iya, pastikan mengetahui cara mengelola uang gaji 2 juta agar semua kebutuhan terpenuhi.

Pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan untuk kisaran gaji dalam jumlah tersebut. Jika tidak ada perencanaan, justru yang ada gaji per bulan akan habis tanpa ada sisa untuk menabung atau bahkan habis sebelum akhir bulan.

8 Cara Mengelola Uang Gaji 2 Juta dengan Baik

Berikut adalah beberapa cara mengelola uang gaji 2 juta dengan baik yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menetapkan Skala Prioritas dan Alokasi Dana

Skala prioritas adalah suatu list yang mengurutkan hal-hal apa saja yang lebih penting daripada lainnya. Jika Anda memiliki gaji sebesar 2 juta, pastikan membuat skala ini dengan perhitungan yang matang.

Tempatkan kebutuhan yang penting di awal, seperti rincian kebutuhan rumah tangga berikut ini:

  • Makan sehari-hari
  • Listrik rumah
  • Air
  • Kebutuhan untuk kebersihan diri dan rumah

Setelah itu, Anda bisa merincikan untuk kebutuhan penting lainnya. Seperti: transportasi, kuota internet dan pulsa, dan lain sebagainya. Setelah itu baru disusul oleh kebutuhan yang tidak terlalu penting seperti pakaian baru.

Dengan begitu, Anda bisa terdorong untuk memenuhi kebutuhan yang penting terlebih dahulu dan mengabaikan kebutuhan kurang penting.

Pastikan pula memberi presentase alokasi gaji 2 juta yang akan Anda gunakan pada setiap kebutuhan. Misalnya makan 30%, listrik 20%, transportasi 30%, dan lain sebagainya. Dengan begitu ada rincian dana yang jelas pada setiap kebutuhannya.

2. Menyisihkan Uang untuk Menabung

Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang untuk menabung. Hal ini agar Anda tetap mempunyai simpanan dana setiap bulannya. Pastikan pula menentukan jumlah uang yang akan Anda tabung setiap bulannya.

Apalagi bagi Anda yang kini masih satu rumah dengan orang tua dan ingin mempunyai rumah sendiri. Tentu cara membangun rumah dengan gaji 2 juta adalah rajin menabung. Anda bisa mulai dari nominal 100.000 sampai 500.000 rupiah.

Selain itu, Anda juga harus menetapkan target uang yang yang harus ditabung dalam satu bulan atau satu tahun. Dengan begitu Anda akan semakin konsisten dan semangat dalam menabung untuk memenuhi target tersebut.

3. Membuat 2 atau Lebih Rekening

Cara mengelola uang gaji 2 juta agar tidak cepat habis selanjutnya yaitu dengan membuat 2 rekening bank. Tips ini sangat cocok khususnya bagi ibu-ibu yang bertugas mengatur uang gaji suami.

Rekening pertama Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari serta menerima transfer gaji dari suami. Sedangkan pada rekening kedua, khusus dana tabungan yang tidak akan Anda gunakan dalam waktu dekat.

Pastikan ketika memlih rekening untuk tabungan, pilih yang mempunyai biaya admin kecil atau tidak ada sama sekali. Anda juga bisa menyiasati biaya transfer antar bank dengan cara menarik tunai dari salah satu rekening terlebih dahulu, lalu setor tunai ke rekening lainnya.

Selain itu, Anda juga harus mempunyai pola pikir bahwa jumlah uang yang Anda miliki hanya terbatas pada rekening sehari-hari. Jadi Anda bisa jadi lebih hemat dan membiarkan uang tabungan pada tempatnya.

4. Melakukan Investasi

Daripada membiarkan sisa uang Anda hanya menganggur, alangkah lebih baik jika Anda melakukan investasi untuk kepentingan masa depan. Dengan begitu, uang Anda bisa bertambah nantinya.

Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan. Mulai dari reksadana, trading, forex, dan masih banyak lagi. Pastikan mempelajarinya terlebih dahulu secara matang sebelum terjun kedalamnya.

Selain itu, pastikan pula uang yang Anda gunakan invetasi adalah ‘uang diam’. Hal ini maksudnya uang tersebut bukan jatah untuk kebutuhan sehari-hari dan memang khusus untuk tabungan. Dengan begitu Anda tidak akan terlalu merugi jika mendapat hasil tidak sesuai harapan.

5. Berhemat

Cara mengelola uang gaji 2 juta rupiah tentu tidak lepas dari berhemat. Hal ini karena alokasi dana setiap kebutuhan Anda juga tidak terlalu banyak dan harus pula menyisihkan untuk menabung.

Anda bisa memulai berhemat dengan mengonsumsi menu yang sederhana setiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa mementingkan daya guna dari suatu barang daripada brandnya.

Meskipun sedang berhemat, Anda juga tetap bisa bersenang-senang. Namun pastikan memilih tempat makan yang sedang ada diskon atau penawaran cashback sehingga Anda tidak akan menghabiskan uang terlalu banyak.

Anda juga tetap bisa liburan. Namun pastikan memilih lokasi liburan yang murah meriah seperti alam bebas, pantai, taman kota, dan masih banyak lainnya. Pastikan memahami bahwa esensi liburan bukan seberapa besar uang yang dihabiskan namun dengan siapa Anda berlibur.

6. Hindari Menggunakan Kartu Kredit Jika Tidak Diperlukan

Bagi beberapa orang, kartu kredit akan memudahkan berbagai transaksi. Anda tidak perlu membawa uang cash untuk membayar. Bahkan Anda juga bisa tetap berbelanja meskipun tidak mempunyai banyak uang.

Namun justru hal ini yang akan menjadi jebakan. Dengan adanya kartu kredit apalagi dengan limit besar, Anda akan berpikir seolah memiliki uang banyak. Sehingga merasa bisa belanja sepuasnya. Tentu ini melanggar cara mengelola uang gaji 2 juta yang sudah Anda impikan.

Padahal nanti di akhir bulan, Anda tentu akan melunasi tagihan dari kredit ini. Apalagi akan ada biaya admin yang dikenakan tiap pembayarannya serta denda jika Anda telat membayar. Jadi daripada begitu, lebih baik tiak menggunakan kredit jika tidak benar-benar terpaksa.

7. Mencari Pemasukan Tambahan jika Diperlukan

Mencari pemasukan tambahan bisa Anda jadikan alternatif jika memang dirasa gaji 2 juta tetap kurang untuk kebutuhan sehari-hari. Anda bisa memilih menjadi seorang part time atau freelancer. Namun pastikan tidak mengganggu pekerjaan utama.

Selain itu, jika Anda merasa tidak sanggup mencari pemasukan tambahan, cukup lewati cara satu ini. Anda bisa memaksimalkan untuk melakukan cara-cara lain yang disebutkan dalam pembahasan kali ini.

8. Mengetahui Apa yang Dibutuhkan dan Diinginkan

Terkadang Anda benar-benar menginginkan untuk membeli sesuatu, namun jika ingin mengelola uang dengan baik, ingat prinsip ini. Pastikan kembali apakah sesuatu itu benar-benar Anda butuhkan atau hanya keinginan belaka.

Jika memang hanya keinginan dan tidak terlalu penting, lebih baik Anda tidak membelinya. Anda bisa mengalokasikan dana pada kebutuhan yang lainnya.

Penutup

Jadi itu adalah beberapa cara mengelola uang gaji 2 juta. Bagaimana, apakah terlihat sulit? Biasanya sesuatu memang terlihat cukup sulit pada awalnya, namun jika Anda sudah terbiasa maka akan mudah pada akhirnya.

Jika Anda bisa konsisten menerapkan cara mengelola uang gaji 2 juta per bulan, tentu semua kebutuhan akan tetap terpenuhi. Bahkan Anda juga mempunyai dana simpanan untuk berbagai kebutuhan tak terduga nantinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil menerapkannya!

 

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *