Cara Menerbitkan Novel dari Wattpad

dawuhguru.com – Cara Menerbitkan Novel dari Wattpad – Deretan pertanyaan itu tentu saja ada dari penulis wattpad yang memiliki narasi menarik di wattpad, proses inovatif saat menulis sudah pasti ingin berahir jadi sebuah novel best seller dan jadi film, lalu banyak penggemar dan mendapatkan reputasi seperti penulis wattpad yang telah sukses.

Sebutlah saja Erisca Febriani, dia jadi penulis yang produktif dan populer saat kreasi perdanannya di wattpad yang dengan judul Dear Nathan diedarkan oleh PT Melvana Media. Prosesnya juga tidak simpel, penulis Dear Nathan itu pernah tertipu, sama seperti yang terdaftar di Wikipedia.

Perjuangannya ke arah penerbitan, tidak gampang, Erisca (penulis Dear Nathan) bahkan juga pernah ditipu saat ingin menerbitkannya ke self publishing. Tetapi, ada selalu jalan ke arah Roma, narasi ini pada akhirnya berjodoh untuk diedarkan oleh penerbit Best Media di bulan Maret 2016.

Berpindah ke Luluk HF, dia sukses memperbesar kreasi nya Novel EL, yang pada endingnya diadaptasikan jadi film yang buming dan digemari anak-anak muda. Novel EL diedarkan oleh PT Melvana Media lebih persisnya di baris penerbitannya yakni Best Media. Penerbit yang serupa dengan penerbit yang memperbesar Dear Nathan.

Luluk HF selanjutnya makin populer sesudah novelnya yang dengan judul Mariposa diadaptasi ke layar-lebar, narasi dari Wattpad yang mempunyai viewers sekitar 11,4 Juta itu meletus dan buming, mega best seller dan mempunyai angka pemasaran yang dahsyat.

Novel yang keluar dari Wattpad dan termasuk sukses sebetulnya ada banyak, ada dari penulis-penulis yang sekolah seperti Poppy Pertiwi yang mempunyai follower sekitar 678K wattpad, kreasi nya yang dengan judul Galaksi dibaca lebih dari 33,7 Juta pembaca, berahir terjual best seller, trending di kelompok anak-anak sekolah. Novel ini diedarkan oleh PT Melvana Media (Coconut Books).

Narasi lain dari Poppy Pertiwi ialah Septihan, mempunyai jumlah pembaca sekitar 32,5 Juta pembaca di wattpad, selanjutnya keluar dan terjual best seller di Coconut Books PT Melvana Media. Benar-benar anak muda yang mengagumkan, kreasinya telah dicicipi banyak pembaca di umur yang termasuk masih belia.

Ada penulis Wattpad yang kreasinya diadaptasi jadi Film, ia ialah Wulan Fadila, penulis wanita yang mempunyai 427K follower di wattpad, profilnya telah terkonfirmasi oleh wattpad seperti Poppy Pertiwi. Dia mengawali profesinya dari Novel R: Raja, Ratu dan Rahasia yang selanjutnya diadaptasi ke layar-lebar, ceritanya ini dibaca lebih dari 27 Juta pembaca.

Novel R: Raja, Ratu dan Rahasia ini diedarkan oleh PT Melvana Media (Best Media). Selanjutnya kreasinya lainnya ialah I Wuf You, S: Sadena, Sandra, Drama. Semua terjual best seller dan trending di kelompok anak muda.

Dari kelompok penulis lelaki ada Bayu Permana yang mempunyai follower 490K wattpad dan mendapatkan klarifikasi wattpad bintang oranye. Ceritanya yang keluar jadi novel best seller salah satunya ialah Artha 27,8 Juta dibaca, My Psychopath Boyfriend 20,2 Juta dibaca, My Possessive Bad Boy 24,8 Juta dibaca, Sheiland 26,8 Juta dibaca.

Semua narasi novel yang dicatat Bayu Permana itu best seller dan buming, novel-novelnya diedarkan oleh Coconut Books (PT Melvana Media). Selainnya Bayu Permana ada penulis lelaki dari Wattpad yang ceritanya sukses dan best seller, namanya ialah Hendra Putra, ia mempunyai follower 148K wattpad, kreasinya yang best seller itu dengan judul Pangeran Kelas, dibaca 13,5 Juta kali di Wattpad, novel ini keluar di Coconut Books (PT Melvana Media).

Terakhir ada penulis yang tidak kalah populer, follower wattpadnya sekitar 305K, kreasinya yang dengan judul Teluk Alaska terjual best seller, dibaca 58,8 Juta kali. Saat sebelum populer dengan kreasi nya Teluk Alaska sebetulnya penulis ini telah memiliki kreasi best seller yang dengan judul My Protective Billionaire dalam jumlah pembaca 13,7 Juta. Novel-novelnya keluar dan dibesarkan oleh penerbit Coconut Books dan Bintang Media (PT Melvana Media).

Beberapa nama di atas yang sudah disebutkan ialah beberapa nama penulis wattpad yang telah mendapati kesuksesannya saat menulis sebuah narasi selanjutnya diedarkan jadi novel, ada pula yang sukses diadaptasi ke monitor lebar.

Untuk jawab pertanyaan di atas barusan, bagaimana Langkah Menerbitkan Novel dari Wattpad ialah seperti berikut:

  1. Menerbitkan secara berdikari (self publishing)
  2. Menerbitkan secara mayor (major publishing)
  3. Menerbitkan cuman untuk dibaca sendiri
  4. Narasi Menarik.
  5. Mengatur profile Wattpad semenarik mungkin.
  6. Tentukan Cover yang baik dan mempunyai Resolusi Tinggi dan Menarik.
  7. Catat Narasi yang baik dan buat ingin tahu
  8. Catat narasi berbentuk Seri, Rutinlah Dalam Menerbitkannya.
  9. Kaitkan atau hubungkan Account Wattpad di Sosial Media.
  10. Aktif Ikuti Kontes-kontes Menulis di Wattpad.

Pertama menerbitkan secara berdikari atau indie ini bias dilaksanakan dengan memperbanyak tawarkan dokumen narasi ke penerbit-penerbit, jika penerbitnya tidak ingin, keluarkan dengan tipe self publishing, maknanya ongkos penerbitan dijamin penulis, marketingnya bias ditolong penerbit, penulisnya bias turut promosi.

Ke-2 menerbitkan secara mayor ialah keinginan untuk semua penulis, karena kreasi kita akan dibeli, kita diberi royalty, marketing dilaksanakan oleh penerbit, distributor, dan took buku off-line atau online, kita cuman nikmati hasil, yang untung dapat diadaptasi ke monitor lebar.

Ke-3 menerbitkan cuman untuk dibaca sendiri ini tidak mengikutsertakan penerbit indie atau mayor, karena kreasi cuman diedarkan atau diciptakan untuk dibaca sendiri, tidak memerlukan advertensi dan promo yang serius.

Cara-cara di atas dapat dilaksanakan dengan usaha optimal, doa optimal, dan ikhlaskan semua pada Allah. Mudah-mudahan sukses selalu. Jika kamu memiliki narasi menarik di wattpad dan ingin keluar dengan mode mayor publishing, silahkan kontak WhatsApp 08983399493. Pemilik nomor itu adalah redaktur penerbit mayor di Jakarta yang novel-novel terbitannya telah banyak dilirik dan diadaptasi ke monitor lebar. Mudah-mudahan sukses. Amin.

Sumber : https://belibispustaka.com/cara-menerbitkan-novel-dari-wattpad/

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *