Cahaya Membenang

Oleh: Alfat Adi Pratama

(Mahasiswa PGMI INISNU Temanggung)

Kita semua tahu bahwa energi yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah cahaya. cahaya adalah titik terang yang berasal dari sesuatu yang bersinar seperti lampu, matahari, bulan dan lain sebagainya. sudah jelas itu merupakan cahaya, bahkan mata kita juga dapat menangkap cahaya tersebut dengan indra penglihatan kita.

Lantas cahaya seperti apa yang tidak bisa ditangkap dengan indra penglihatan?

Cahaya di sini merupakan ilmu, Rasulullah saw pernah bersabda: ”Ketahuilah, bahwa ilmu adalah cahaya (nur).” seperti sifatnya cahaya pada umumnya yaitu mengusir kegelapan dan memberi penerang, sifat yang dimiliki ilmu adalah mengusir kegelapan (kejahatan, kebodohan, dan hal buruk lain) dan memberi penerang (penunjuk jalan yang benar dalam kebaikan).

Dua cahaya yang kita bahas disini adalah ilmu agama dan ilmu pendidikan pancasila dalam negara kita Indonesia. jika keduanya disatukan kita dapat memperoleh petunjuk dalam ketenangan hati di dunia dan keselamatan kita  dalam akhirat, kedua cahaya tersebut saling berkesinambungan dan saling berhubungan satu sama lain.

Kenapa bisa dibilang saling berkesinambungan?

  1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa

Didalam agama islam mengimani satu tuhan yaitu allah swt, seperti yang terdapat dalam Al-qur’an surah Al-ikhlas ayat pertama

Maksud dari ayat tersebut adalah tuhan itu satu, dialah allah yang maha Esa.

  1. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap

Didalam agama islam kita diajarkan untuk saling berbuat baik kepada sesama manusia, bersikap adil dan beradap seperti yang terdapat dalam al-quran surah al-qasas ayat 77

Baca Juga:   Memaknai Momentun Peringatan Hari Santri

Yang menjelaskan tentang larangan kepada kita untuk berbuat kerusakan . Termasuk dalam adap dan kemanusiaan

  1. Persatuan Indonesia

Samboyan  bangsa indonesia yaitu bhineka tunggal ika. Didalam agama islam, seperti yang terdapat dalam surah al-hujarat ayat 13

Dalam surah tersebut kita diperintahkan untuk saling memuliakan dan saling mengenal .

  1. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Didalam kehidupan sehari-hari tentunya kita kenal betul dengan istilah permusyawaratan, tepatnya pada kehidupan politik. Islam juga mengajarkan tentang permusyawaratan seperti yang terdapat pada al-quran surah al- imran ayat 159.

Didalam berpolitik kita diminta untuk saling menghormati pendapat orang lain dan membuang sifat angkuh.

  1. Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia

Didalam agama islam terdapat pada al-quran surah an-nahl ayat 90.

Dalam surah ini diajarkan kepada kita untuk berlaku adil dan dilarang melakukan perbuatan keji, kemungkaran, dan saling bermusuhan .

jika ada orang yang menganggap islam itu anti Pancasila, itu adalah kekeliruan yang  besar. Islam dan pendidikan pancasila merupakan dua ilmu yang saling berkesinambungan, apabila dua ilmu tersebut dapat kita kuasai dengan baik maka akan kita dapatkan  petunjuk dalam ketenangan hati di dunia dan keselamatan kita  dalam akhirat.

Share:

Dawuh Guru

Merawat Tradisi, Membangun Peradaban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.