Biografi Ning Sheila Lirboyo

Oleh: Ali Adhim

Ning Sheila salah satu putri terbaik Lirboyo Pesantren kalangan kiyai NU. Itulah yang ditulis oleh Abdullah Faizin dalam akun Facebook nya. Ning Sheila Hasina Binti KH. Hasan Syukri Zamzami Lirboyo pernah menyebet Juara 1 MHQ 30 Juz , MTQ XIV Kapolda Jatim Cup.[1]

Ning sheila yang booming dan vilral itu layak dinobatkan menjadi ratu Ustadzah masa kini dan pantas diikuti kerena berimbang dengan pengetahuan dan keilmunya. Pantas sekali jika sebutan Ustadzah dinisbatkan kepada beliau, beliau bukan kaleng kaleng seperti sebutan ustadzah selebritis hijrah yang hanya besar melalui pansos. yang perlu digaris bawahi jalur nasab neng sheila jelas, keilmuanya jelas, riwayat sanad amaliahnya jelas dengan kemampuan menyampaikan hukum Agama dengan literasi jelas artinya kredibilitas kemampuan mendiskripkan ilmu hukum Agamanya tidak diragukan lagi.

Tidak hanya begitu memang mulai dari kecil beliau dibesarkan dengan aroma intlektual keagamaan pesantren dan sedikit banyak semua yang didengar dilihatnya berupa kajian Agama telah meresap di khazanah memorinya sebagai kumpulan literasi yang di butuhkan saat beliau menyampaikan kajian dakwah dan seminar hukum agama. beliau mampu menjelaskan atau menjawab persoalan pesoalan pelik masa kini yang tidak semua orang tahu.

Ning Sheila sekali lagi semua jawaban beliau berdasarkan kajian yang akurat marjak yang kredibel, paham tentang istilah rumit dan ilmiah tentang benturan hukum yang mendera permasalahan yang kekinian. Yang tidak mungkin bisa di selesaikan manual oleh ustadzah istant. Beliau sekarang telah menjadi figur ustadzah go publik yang kecerdasan luar biasa. beliau sangat detail memilah tafshil dan mencari bahan rasional ilmiah berdasarkan kitab kuning atau turat dari para dan konsederasi silogisme yang rasional dan kesepakatan bahsul Masail tingkat tinggi. Kelebihan lain beliau juga dilahirkan dari rahim sang ibu penghafal dan beliau juga sebagai generasi hafidzat yang bersandar pada sanad riwayat keilmuan Alquran dan pemahamanya. cobalah resapi satu persatu rangkaian kata dengan makna yang padat bahasa yang sopan disetiap ulasan tidak lepas dari dalil dan sumber penyertanya.

Jadi sekali tidak bisa dipungkiri keliahain beliau dalam menebarkan ilmu beliau di Masyarakat. kepribadian yang tegas dengan artikulasi sharih dan keanggunan wajahnya menghipnotis audian yang iku mendapatkan ilmu darinya. Sekali lagi jika ingin mencari sosok ustadzah teladan, beliau yang pantas diikuti dan mengikuti beliau sama halnya menyambung silsilah sanad keilmuan dari para Masyayih lirboyo dan dan Ulama pendahulu sampai kepada Rasulullah. Namun jika hanya mengikuti ustadzah yang tidak jelas maka akan ada daur yang terputus, karena rerata literasi ustadah instan sebagian besar hanya merujuk pada terjemah dan google. dan itu jauh dari keselamatan syariat dan jalur sanad pun menyimpang serta bahaya.[2]

Kiprah Ning Sheila Hasina dalam Fiqih Wanita

Biografi Ning Sheila Lirboyo - dauh guru

Pada acara seminar fikih wanita yang bertajuk “Kupas Tuntas Darah Wanita” di Aula I Pondok Pesantren Nurul Jadid (PPNJ) yang diikuti seribu lebih santriwati.Memasuki suasana Haul Masyayikh dan Harlah ke-73.

Menurut Wakil kepala pesantren KH. Najiburrahman Wahid menyatakan dalam sambutannya bahwa Ning Sheila Hasina merupakan salah satu pemangku Pondok Pesantren Lirboyo sekaligus content creator di media sosial yang giat berbagi ilmu seputar kewanitaan dan memiliki ratusan ribu pengikut di instagram.

Dalam materinya, sosok perempuan cerdas kelahiran 1997 ini menekankan betapa pentingnya mempelajari darah wanita bagi perempuan itu sendiri. Sebab, hal tersebut merupakan fardhu ‘ain. Sayangnya, masih saja banyak perempuan yang tidak memahami betapa pentingnya materi tersebut. “Wanita ini rumit, tapi tidak mau rumit, maunya instan terus,” candanya yang disambut gelak tawa penonton.

Pembahasan tersebut dilanjut dengan mengupas tentang darah haidl, nifas, dan istihadlah disertai tata cara bersesucinya, cara mendeteksi keluar dan berhentinya darah, lengkap dengan rumus-rumusnya. kendati acara telah berlangsung tiga jam lebih, hal ini tak mengurangi rasa antusiasme peserta. Pasalnya, seminar kali ini dimoderatori oleh Ning Fiki Amalia Romzi. Duet Ning eNJe feat. Ning Lirboyo tersebut tak pelak membuat suasana seminar menjadi pecah. Tak hanya itu, antusiasme berlanjut dengan banyaknya peserta mengacungkan tangan tanda ingin melontarkan pertanyaan, membuat suasana seminar semakin hidup.[3]

Silsilah Ning Sheila Hasina

Silsilah Ning Sheila Hasina - dawuh guru

Ning Sheila Hasina merupakan Putri dari KH. Hasan Syukri Zamzami Mahrus dan Bu Nyai Hj. Hannah Zamzami, suaminya bernama Gus H. Ahmad Kafabihi Lirboyo yang merupakan putra dari KH. Kafabihi Mahrus Lirboyo dan Bu Nyai Azzah Noor Laila.

Biografi Gus Ahmad Kafabihi Lirboyo ditulis karena ia merupakan sosok yang sering dibahas di kalangan pesantren. Sosok yang memiliki garis keturunan baik, keluarga yang kompak, istri yang cantik dan anak yang manis-manis.

Suaminya Gus Ahmad merupakan putra kinasih dari Pengasuh Pesantren Lirboyo KH Khafabihi Makrus. Pada 16 November 2017, Gus Ahmad Kafa mempersunting Ning Sheila Hasina Zamzami putri dari Pengasuh Pondok Pesantren Al-Baqarah Lirboyo KH. AHS Zamzami Mahrus.

Nasab Gus Ahmad dan Ning Sheila bertemu di KH. Mahrus Aly, kakek keduanya. KH Mahrus Aly memiliki putra bernama KH Imam Yahya Mahrus, KH Abdullah Kafabihi Mahrus, KH AHS. Zamzami Mahrus dan KH An’im Falahuddin Mahrus.

KH Mahrus Aly lahir pada tahun 1906 di Dusun Gedongan, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ia adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara, dari pasangan KH Aly bin Abdul Aziz dengan Hasinah binti KH. Sa’id.

Mahrus Aly melepas masa lajangnya pada tahun 1938 dengan menikahi salah satu putri dari Pendiri Pondok Pesantren Lirboyo KH Abdul Karim yang bernama Zaenab. Ning Sheila di akun media sosialnya sering memanggil Gus Ahmad dengan panggilan Cacak. Pria yang berulang tahun pada 3 Februari ini diketahui aktif di Rijalul Ansor Kediri, Lembaga Dakwah dalam naungan Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Secara biografi Gus Ahmad Kafa Lirboyo lahir dari pasangan romantis KH Abdullah Kafabihi Mahrus dan Hj Azzah Nur Laila, gadis yang berasal dari Cirebon. Dalam pernikahan keduanya dikaruniai duabelas putra-putri.[4]

Pernikahan Ning Sheila Lirboyo

Pernikahan Ning Sheila Lirboyo - Dawuh Guru

Dalam catatan Polres Kediri Kota tertulis banyak kendaraan keluar masuk ke Ponpes Lirboyo, Kota Kediri. Suasana ini berbeda dari hari hari biasanya, karena ponpes yang memiliki jumlah santri terbanyak di Kediri ini sedang punya hajat. Ialah KH. Khafabihi Makrus yang memiliki gawe. Pengasuh Ponpes Lirboyo, Kota Kediri ini sedang melangsungkan pernikahan putranya yakni Gus Ahmad Kafa yang mempersunting Ning Sheilla putri KH Zam Zam, Kamis (16/11/2017) siang.

Acara berlangsung di Aula Muktamar, Ponpes Lirboyo, Kota Kediri. Bhabinkamtibmas Kelurahan Lirboyo, Polsek Mojoroto, Polresta Kediri Aiptu Hadir Suwignyo hadir untuk melaksanakan pam pengamanan.[5]

Kata Kata Bijak Ning Sheila Hasina

Kata Kata Bijak Ning Sheila Lirboyo - dauh guru

Dalam Mauidzoh nya di YPPTQMH cabang Tarbiyatussibyan Ning Sheila menyampaikan pada para santri Penghafal Qur’an, bahwa santri harus:

  1. Santri Harus bisa mengatur /membagi waktu.
  2. Santri harus berjuang sekuat tenaga untuk Menghafal.
  3. Santri harus sering sering Murojaah 2-3 Juz tiap hari
  4. Harus punya target dalam Murojaah.
  5. Jangan meninggalkan solat malam.
  6. Membaca Al-Qur’an dengan cara Tidak terburu buru dan memakai Tajwid. Dan membaca dengan suara (Bermutu dan berkualitas).
  7. Membaca dengan duduk dan menghadap kiblat.
  8. Santri Penghafal Qur’an harus bisa menjaga Adab.
  9. Santri harus istiqomah.[6]

Dengan metode tersebut yang disampaikan Ning Sheila, di harapkan Santri yang menghafal Qur’an benar benar menjadi penghafal Qur’an yang bermanfaat dunia dan akherat sesuai dengan yang diharapkan oleh para Alim Ulama.

Pencarian Terkait:

Umur Ning Sheila, Tanggal Lahir Ning Sheila, Ning Sheila, Pernikahan Ning Sheila Lirboyo, Biografi Ning Sheila Lirboyo, Silsilah Ning Sheila Hasina, Biografi Ning Sheila, Suami Ning Sheila, Ning Sheila Haid, Umur Ning Sheila, Silsilah Ning Sheila, Profil Ning Sheila, Tanggal Lahir Ning Sheila

Referensi:

[1] Diolah dari https://kediriselaludihati.com/

[2] Diolah dari https://redaksiindonesia.com/

[3] Diolah dari https://www.nuruljadid.net/

[4] Diolah dari https://www.tebuireng.co/

[5] Diolah dari https://polreskedirikota.com/

[6] Diolah dari https://ypptqmh.com/

Share:

Ali Adhim

Founder Dawuh Guru, Penulis buku biografi Gus Maksum Lirboyo, menulis esai, artikel, cerpen, puisi dan beberapa bukunya telah beredar di toko offline/online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.